Ramadhan Lebih Terasa dikala Aku Kecil


Tak Terasa Ramadhan 2020 kian dekat, rasanya kangen dengan bulan ramadhan, jadi teringat dengan aktifitas Ronda membangunkan sahur, menginap di mushola, tadarus dan aktifitas ala desa zaman lampau paling aku kangenin.
Kini suasan sudah jauh berbeda, situasi dan suasana seperti itu seakan sirna.

ramadhan 2020, tahun 1441 h

Tahun lalu ku bersama anakku yang baru menginjak tujuh tahun, ingin mengulang masa itu,suasana balik kampung ingin sekali ku rasakan.akhirnya ramadhan tiba ku bersiappulang ke kampung halaman, membuat tetabuhan kenthong dan lainya, berniat sebelum sahur tiba ingin berkeliling membangunkan sahur seperti kala itu.
Wah anaku sangat bersemangat, yalah..dia tidak pernah merasakan hal seperti yang bapaknya rasakan dulu,sangat asyik sekali.

Pengalaman itu ku ceritakan hpir setiap malam dikala anaku belum tertidur, pikiran ber terbangkan menuju masa silam, masa - masa menyenangkan dengan citarasa desa dalam menikmati suasana Ramadhan.

Ternyata rasa itu tidak hanya di alami saya, beberapa teman saya yang berada diluarkotapun kontak saya untuk mudik dan kangen melakukan ronda membangunkan orang sahur.
Wah malam reunipun datang,uniknya hampir setiap teman bawa anaknya masing - masing, lagu khas sahur sahur dengan iringan nada kenthong berkumandang riuh, warga kampung yang terlelap bergegas terbangun menyambut sahur malam itu.

Saat mereka bangun banyak yang keluar rumah, eh ada yang menyalami, bercerita banyak ternyata hal itu sudah lama tidak terdengar lagi.

Mungkin ramadhan depan ku pengin lagi mudik dan lebih lama dikampung, buat rencana dengan teman lebih banyak dengan aktifitas lama yang ingin ku ulangi.
Dulu menjelang idul Fitri hampir setiap pemuda membuat ketupat untuk dijual sob hehe uangnya buat Plesiran nyewa truck ke pantai saat setelah hari raya.

Asik sekali,kekompakan terlihat sesama pemuda, ga ada yang berlibur sendiri sendiri, semua berangkat.
Wah kangen juga masa masa dulu

Belum ada Komentar untuk "Ramadhan Lebih Terasa dikala Aku Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel